Kemensos Respon Kasus Penderita Lumpuh Menahun Di Sukabumi

Kemensos Respon Kasus Penderita Lumpuh Menahun Di Sukabumi

SUKABUMI, (22 Agustus 2021) – Kementerian Sosial melalui Loka “Kahuripan” dan Balai “Phalamartha” di Sukabumi melaksanakan respon kasus terhadap Penderita Lumpuh Menahun yang berlokasi di Kampung Nyalindung RT 05/01 Desa Cihaur Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Jawa Barat.

Petugas Respon Kasus terdiri dari Loka Kahuripan dan Balai Phalamarta melakukan asesmen awal dan identifikasi kebutuhan korban. Nenek Eha (68) tahun telah menderita lumpuh kurang lebih 2 tahun terakhir dikarenkan jatuh terpeleset (riwayat darah tinggi). 

Nenek Eha memiliki 3 orang anak. Anak pertama merantau ke Riau sudah 20 tahun tidak kembali. Anak kedua bekerja serabutan dan tempat tinggalnya tidak jauh dari Nenek Eha. Anak ketiga dari nenek Eha yaitu Imas (30) tahun menderita kelumpuhan sejak balita (sakit polio).

Nenek Eha hanya tinggal berdua dengan Imas dan untuk keperluan sehari hari mendapat uluran tangan dari warga sekitar dan santunan dari Pondok Pesantren Darus Salam. Kondisi rumah yang di tempati yaitu berupa rumah panggung kepemilikan tanah masih menumpang kepada orang lain (hak guna pakai) dengan luas 5×4 meter. Listrik untuk sehari hari masih menumpang dari Pengelola Pondok Pesantren Darus Salam K.H Husein.

Bantuan yang pernah diterima oleh Nenek Eha yaitu Bantuan Sosial Covid berupa beras 10 kg, Badan Amil Zakat berupa perbaikan rumah, Bantuan Sosial dari Desa berupa Sembako, BPNT, Iuran dari masyarakat setempat untuk perbaikan MCK dan dapur.

Nenek Eha telah memiliki KTP, KIS dan KK namun Imas belum memiliki KTP dan BPJS.

Dengan berkunjung langsung ke rumah Nenek Eha, diperoleh hasil asesmen kebutuhan yang mendesak untuk segera dipenuhi antara lain satu set kompor gas, vitamin, susu, perlengkapan mandi, handuk, selimut, kasur, bantal, guling, ember, gayung, termos air anget, masker, handsanitizer, lemari pakaian, baju, perlengkapan sholat, rak piring, jam dinding, karpet, kasur.

Loka “Kahuripan” dan Balai “Phalamarta” saat ini sedang menindaklanjuti pemenuhan kebutuhan berdasarkan hasil asesmen yang telah dilakukan.

Humas Loka Kahuripan dan Balai Phalamarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *