Kementerian Sosial Laksanakan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Orang Dengan HIV

SUKABUMI, (8 Juli 2021) – Kementerian Sosial melalui Loka Karya Kahuripan Sukabumi melakukan pelatihan kewirausahaan melalui program ATENSI berbasis komunitas bagi Pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) Orang Dengan HIV (ODH) di bawah dampingan Yayasan Citra Paramitha Zwastika mendapatkan Kementerian Sosial RI.

Program ATENSI ini diberikan berdasarkan hasil asesmen tim Loka Karya Kahuripan kepada 30 ODH. Kegiatan ini dilaksanakan di UPT LBK Dinas Sosial PPPA, Kota Madiun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

PPKS mendapatkan beberapa materi seputar kewirausahaan antara lain, Sosialisasi layanan BLK, Wirausaha dalam aspek agama, Membangun relasi usaha, Pengelolaan Dasar Keuangan, Manajemen Kewirausahaan serta pembentukan kelompok kerja bersama. Kelompok kerja ini diberikan modal untuk memulai usaha di bidang penjualan jus buah, pendirian rumah makan serta budidaya jarum tiram coklat.

Robert Edward selaku perwakilan dari Loka Karya Kahuripan menyampaikan arahan dari Kepala Loka agar para PPKS kelak dapat menularkan semangat berwirausaha kepada lebih banyak lagi ODH di Kota Madiun. Robert juga berharap agar program ATENSI berbasis komunitas ini dapat berguna bagi seluruh peserta kegiatan.

Kegiatan ini juga didukung oleh elemen pemerintahan Kota Madiun salah satunya dari anggota DPRD Kota Madiun, H. Ngedi Trisno Yhusianto, SH., M.Hum. Ketua Yayasan Citra Paramitha Zwastika, Bima Primaga Yudha mengatakan bahwa program ATENSI Kemensos RI yang diberikan melalui Loka Karya Kahuripan menjadi stimulus bagi para ODH di Kota Madiun untuk dapat mengembangkan potensi masing-masing dalam berwirausaha dan tetap bangkit meski dalam situasi pandemi Covid-19.

N, salah satu peserta kegiatan pelatihan kewirausahaan ini mengucapkan syukur karna telah mendapatkan banyak materi yang bermanfaat seputar kewirausahaan. Ia berharap pelatihan dan pemberian bantuan ATENSI ini dapat dilakukan secara berkelanjutan untuk membantu kelancaran pembangunan usaha para ODH di Kota Madiun

Humas Loka Karya Kahuripan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *