Kemensos Hadir Berikan Dukungan Psikososial bagi keluarga Kopda Maryono di Grobogan

Grobogan (26 April 2021) – Kementerian Sosial melalui  Loka Karya Kahuripan mengirimkan Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) untuk mengunjungi keluarga Kopda Maryono dengan tujuan memberikan pemdampingan dan penguatan moril sesuai dengan arahan yang diberikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Rasa sedih menyelimuti keluarga Kopda Maryono, salah satu awak KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali. Raut kesedihan itu terlihat dari wajah  Ibu Supriyati, Ibu kandung Kopda Maryono saat didatangi.

Pihak keluarga melalui Ibu Supriyati ditemani kakak pertama Kopda Maryono membenarkan jika anaknya itu merupakan anggota TNI AL yang bertugas di KRI Nanggala 402. Ibu Supriyati masih merasa sangat sedih dan shock, awalnya tak mampu untuk berbicara dengan Tim LDP Loka Karya Kahuripan.

Bekerja sama dengan pihak Dinas Sosial Kabupaten Grobogan dan Kepala Desa Rejosari, Tim LDP Loka Karya Kahuripan berupaya untuk menghibur dan memberikan semangat kepada Ibu Supriyati agar dapat tabah menghadapi ujian yang sedang dihadapinya. Selain itu karena kondisi kesehatan Ibu Supriyati agak turun, Tim meminta bantuan pihak puskesmas untuk melakukan pengecekan tensi darah dan hasil nya baik, Ibu Supriyati hanya mengalami kelelahan karena baru pulang dari Markas Koarmada Dua Surabaya.

Informasi dari kakak kandung Maryono, bahwa Maryono selama ini menjadi tulang punggung keluarga, setelah bapaknya meninggal beberapa tahun lalu. Selain itu Maryono juga membantu kakak nya yang sudah menjadi janda dan menanggung tiga orang anak, dimana dua orang keponakan Maryono saat ini masih sekolah di tingkat SMA dan SD.

Kopda Maryono menikah dengan Septi Dwi Astuti (32) yang berasal dari Semarang dan dikaruniai dua anak bernama Osario Altano (7) kelas 1 SD dan Nicolas Altano (5) masih TK. Dari keterangan kakak Maryono, bahwa Kopda Maryono telah menjadi anggota TNI AL selama sepuluh tahun.

Pada kesempatan berbincang, Tim LDP Loka Karya Kahuripan, dipimpin langsung oleh Kepala Loka Karya Kahuripan, Dede Khaerufirdaos, menyampaikan atas nama Menteri Sosial, salam dan ucapan turut berduka cita pada keluarga.
Selain itu Dede juga menyampaikan bahwa Kementerian Sosial hadir untuk memberikan dukungan psikososial bagi keluarga dan bantuan lain yang dibutuhkan oleh kelurga terutama kelangsungan pendidikan bagi putra Kopda Maryono.
Diakhir pertemuan Tim LDP menyampaikan bantuan nutrisi bagi keluarga Kopda Maryono yang langsung diterima oleh Ibu Supriyati, yang sudah bisa tersenyum dan menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan oleh Kementerian Sosial.

Humas Loka Karya Kahuripan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *