Kemensos Berikan Dukungan Psikososial pada Korban Tanah Longsor di Sukabumi

SUKABUMI (27 April 2021) — Kementerian Sosial RI melalui Loka Karya Kahuripan Sukabumi mengirimkan Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) untuk membantu para korban bencana tanah longsor di Kampung Cigadog dan Kampung Sadamukti Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Sesuai arahan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini bahwa Balai Besar/Balai/Loka Rehabilitasi Sosial harus ikut menangani dampak bencana khususnya membantu memulihkan kondisi psikososial para korban bencana.

Menurut informasi warga, longsor menerjang pemukiman warga di Kampung Cigadog atas RT 07/03 pada hari Minggu malam(25/4/2021). Hendra Sukmana selaku Ketua RT mengungkapkan bahwa terdapat dua orang korban luka dan sedikitnya dua rumah rusak berat dengan kondisi tembok rumah yang terhantam longsoran tebing.

Bersama Perangkat Desa setempat Tim LDP menuju lokasi tanah longsor, namun pemilik rumah yang terkena longsor telah diungsikan ke rumah saudaranya dan korban luka masih berada di rumah sakit.

Tim LDP Loka Karya Kahuripan kemudian melanjutkan kunjungan ke Desa Sadamukti, dimana ada satu rumah sebagian bangunannya roboh tertimpa tanah longsor. Rumah tersebut selama ini didiami dua orang kakak beradik yang telah berusia lanjut. Untuk sementara dua orang kakak beradik itu tinggal di rumah saudara yang lokasinya dekat dengan rumah mereka.

Tim LDP melakukan asesmen kebutuhan dan memberikan penguatan dan dukungan moril atas musibah yang menimpa mereka. Pihak Loka Karya Kahuripan juga akan menghubungkan korban bencana itu dengan pihak-pihak terkait, diantaranya Dinas Pekerjaan Umum setempat untuk membantu memperbaiki rumah mereka agar bisa ditinggali kembali.

Humas Loka Karya Sukabumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *