Perkuat ATENSI ODH, LRSODH Kahuripan Sukabumi menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM

Garut, (23-24 November 2020) – Loka ODH “Kahuripan” Sukabumi menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM bagi 45 pegawai baik ASN maupun Non ASN dan mengundang LKS/KDS mitra kerja LRSODH Kahuripan.

Peningkatan Kapasitas SDM dilaksanakan dengan tujuan Pembahasan terkait Rencana kerja 2021-2023 untuk menyelesaikan pembangunan untuk menunjang program ATENSI khususnya rehabilitasi bagi ODH melalui pendekatan berbasis keluarga, komunitas, dan residensial secara dinamis, integratif, dan komplementarif.

Memberikan arahan sekaligus memaparkan materi secara virtual, Harry Hikmat selaku direktur Jendral, menyampaikan bahwa:

1. Seluruh Pegawai harus paham mengenai Atensi,
2. Memberikan kesempatan pada pegawai untuk berpendidikan dengan baik, melalui sekolah maupun mengikuti pelatihan
3. Perluasan jaringan dan pemberdayaan bagi mitra/ kerja sama balai dan loka dengan membuat perjanjian kerjasama (MoU) baik dengan pemerintah daerah maupun LKS dan lembaga terkait lainnya di seluruh Indonesia, khususnya di dalam wilayah jangkauan.
4. Pembahasan terkait Kebijakan teknis yakni :
a. Penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak
b. Penguatan sistem rehsos yang terintegrasi dengan dayasos, dan linjamsos
c. Perluasan jangkauan rehsos berbasis keluarga, kelompok, dan residensial
d. Penguatan kapasitas dan kelembagaan balai, loka, maupun lks
e. Peningkatan kampanye sosial melalui kampanye, pencegahan, publikasi, sosialisasi edukasi, dan penyebarluasan informasi di seluruh sektor dan masyarakat
f. Peningkatan peran LKS dan masyarakat.

Selain itu hadir pula Ayi Haryani, Dosen Poltekkesos Bandung selaku narasumber yang menyampaikan Implementasi Atensi Bagi ODH Berbasis Insitusi (Residensial). Pada paparannya disampaikan bahwa Layanan Residensial merupakan Alternatif terakhir, karena pada dasarnya ODH sedapat mungkin dilayani didalam lingkungan keluarganya sendiri. Jika dalam keluarga tidak memungkinkan maka klien dilayani di komunitas. Namun jika komunitas masih tidak memungkinkan, maka ODH dilayani di residensial/lembaga/institusi. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatkan keberfungsian sosial ODH melalui Family support bagi Keluarga, Juga pemberdayaan komunitas/ masyarakat yang diutamakan tempat dimana ODH tinggal.

Harapan dari Pelaksanaan Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM ini adalah ASN juga LKS/KDS mitra kerja dapat bersinergi dalam mewujudkan tujuan ATENSI sesuai yang telah direncanakan, sehingga layanan yang diberikan terhadap ODH tepat sasaran dan tepat guna sehingga mereka dapat berfungsi sosial secara optimal.

#Kemensosri
#ditjen_rehsos
#kahuripansukabumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *