Loka HIV Kahuripan Peduli Korban Terdampak Longsor di Kabupaten Sumedang

Sukabumi (14 Januari 2021) – Loka HIV Kahuripan Sukabumi mengirimkan 4 orang petugas tim reaksi cepat(TRC) berangkat menuju Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang untuk mengirimkan bantuan bagi para korban terdampak longsor. TRC tiba di posko 2 untuk berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Sumedang dalam memetakan pendistribusian penyaluran bantuan.

Kasie Linjamsos Dinas Sosial P3A Kab Sumedang, Dadang Mulyana, SKM, menyatakan bahwa terdapat 14 rumah yang terkena longsor, dengan jumlah korban meninggal sebanyak 21 jiwa, dan 19 lainnya masih dalam proses pencarian. Namun selain korban yang terdampak langsung, terdapat 1502 orang dari 248 Kepala Keluarga (KK) yang mengungsi karena dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan.

Setelah berkoordinasi, tim diarahkan untuk menuju ke posko pengungsian di SD Cipareuag. Di lokasi pengungsian, tim bertemu dan melakukan terapi psikososial pada salah seorang nenek yang menjadi korban terdampak bencana longsor. Meskipun rumahnya tidak terkena bencana, dan keluarganya masih berada dalam kondisi sehat, namun ia masih merasa takut untuk kembali ke rumah. “Masih kebayang getaran tanah waktu kejadian, saya masih takut untuk pulang ke rumah” ungkapnya.

Selain itu, Robert Edward Pakpahan, pekerja sosial Loka HIV “Kahuripan” Sukabumi memberikan simbolis bantuan kepada salah satu korban terdampak bencana longsor. Beberapa bantuan yg diberikan diantaranya adalah : makanan (beras, mie instan, susu, dll), pakaian, peralatan tidur (bantal, guling, sprei, selimut), popok, dan pembalut.

#Kemensosri #ditjen_rehsos #kahuripansukabumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *